Periksa Selidiki Analisis

search
Night Mode

Kebutuhan Protein bagi Tubuh

Protein adalah salah satu zat super yang berperan besar sebagai pembangun & pendorong metabolisme bagi tubuh. Unsur-unsur yang terdapat pada protein meliputi hidrogen, oksigen, nitrogen, karbon, fosfor, sulfur & rantai asam amino. Protein sangat dibutuhkan tubuh untuk menunjang berbagai aktifitas & menyempurnakan proses metabolisme.

Kebutuhan Protein yang diperlukan tubuh setiap individu berbeda, dan masih menjadi perdebatan dikalangan ilmuan. tapi rata-rata para pakar ahli gizi menggunakan takaran yang hampir sama yaitu 1gr/kg (1 gram setiap berat badan Anda). Tapi jika aktifitas atau kondisi tertentu bisa ditingkatkan menjadi 1,5gr/kg.

Contoh : berat badan Anda 60kg jadi kebutuhan protein Anda normalnya 60gr setiap harinya.
Meningkatkan kebutuhan protein bertujuan untuk tetap terpenuhi kebutuhan normalnya. Karena saat aktifitas tinggi atau kondisi sakit tubuh kita memerlukan energi lebih. Yang diambil salah satunya dari protein. Jika kebutuhan kurang pasti metabolisme & perbaikan sel-sel yang rusak juga kurang maksimal. Karena itu usahakan agar selalu terpenuhi.

"Setelah kebutuhan terpenuhi manfaat apa yang didapat ?"


Selain yang Mbah jelaskan di atas manfaat dari protein sangat banyak.

- sebagai penyeimbang cairan tubuh
- meningkatkan antibodi
- pertumbuhan/perkembangan dsb.

Tambahkan di kolom komentar jika ingin menambahkan. Karena banyak sekali manfaat dari protein. Mbah menjelaskan yang mudah dipahami saja.

"Apa dampak jika kekurangan protein ?"


Dampak negatif jika kekurangan protein adalah kebalikan dari manfaat yang dijelaskan di atas. Intinya tubuh jadi lemah & mudah terserang penyakit. Mungkin itu adalah dampak sementara dalam jangka waktu singkat. Jika kekurangan dalam jangka panjang pasti dampak negatif juga lebih besar. Sel tidak dapat beregenerasi yang menyebabkan gagal fungsi organ. Jika ibu yang sedang mengandung pertumbuhan anak akan terganggu. Busung lapar, keterbelakangan mental, intelijensia yang kurang, rambut rontok, anemia. Itu adalah beberapa damak negatif kekurangan protein.

"Makanan apa yang mengandung protein ?"


Banyak sekali makanan yang mengandung protein. Mbah sebutkan yang ada disekitar kita aja ya. Harganya juga bervariasi dari yang murah hingga mahal.

Telur, ikan, daging, kacang-kacangan, susu, tahu, tempe dll.


Masih banyak lagi makanan dengan sumber protein yang baik & mudah didapat. Meskipun kita memenuhi kebutuhan protein tapi kita harus bijak dalam memilah sumber makanan. Karena makanan yang mengandung protein terkadang terdapat kandungan lemak yang cukup tinggi. Mungkin mbah bahas di posting selanjutnya.

Gaya Hidup Sehat tidak akan sempurna jika salahsatunya tidak terpenuhi, Protein salahsatunya.