Periksa Selidiki Analisis

search
Night Mode

Lemak yang Baik bagi Tubuh

Setelah Posting sebelumnya Mbah bahas tentang Protein sekarang Mbah lanjutkan dengan membahas Lemak. Karena makanan yang mengandung protein biasanya terdapat lemak juga. Nah lemak apa yang baik bagi tubuh kita. Definisi lemak sangat panjang sekali & mungkin sukar untuk dimengerti. Kali ini Mbah akan bahas intinya saja.

Lemak itu ada yang bersifat Jahat & Baik. Tentu dalam menjalankan Gaya Hidup Sehat kita harus memilih lemak yang bersifat baik. Lemak yang Baik biasa disebut dengan Lemak tak Jenuh sedangkan Lemak yang Jahat disebut Lemak Jenuh. Lemak tak jenuh ada 2 jenis yaitu tunggal & ganda.

"Manfaat apa jika mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh / lemak baik ?"


Tubuh manusia tetap membutuhkan lemak untuk metabolisme dsb. Sepengetahuan Mbah tidak ada orang yang kadar lemaknya 0% jikapun ada pasti mengalami gangguan ditubuhnya atau bahkan kematian. Mbah hanya pernah melihat orang dengan kadar lemak 3-4% dan mungkin itu tidak akan berlangsung lama. Biasanya karena kompetisi atau kondisi lainnya. Karena sangat sulit sekali mempertahankan kadar lemak dengan jumlah sangat minim. Dan membahayakan kesehatan jika kadar lemak terlalu rendah dalam jangka waktu yang lama. Lemak yang baik dibutuhkan tubuh untuk menunjang aktifitas dan menjalankan fungsi organ dengan baik untuk bertahan hidup.

Manfaat lemak tak jenuh :
- meningkatkan perkembangan otak, sistem saraf, antibodi
- baik untuk penderita rematik, nyeri, peradangan
- baik untuk sendi, mata & kesehatan mental
- mengurangi jumlah kolesterol jahat yang bisa menyebabkan masalah jantung

Selain manfaat diatasi lemak adalah Cadangan Energi yang dibutuhkan dalam keadaan tertentu misal sakit, kerja keras & aktifitas berat lainnya.

"Makanan apa yang mengandung lemak tak jenuh / lemak baik ?"

Nah saat kita konsumsi makanan yang mengandung Protein biasanya terdapat lemak. Seperti Telur, ikan, kacang-kacangan & biji-bijian, sayur, buah, minyak zaitun dsb. Banyak sekali makanan disekitar kita yang mengandung lemak tak jenuh.

"Jadi bagaimana cara membedakan makanan yang mengandung lemak jahat & lemak baik ?"


Lemak Jahat atau lemak jenuh sebaiknya dihindari karena banyak masalah jika kita mengkonsumsi secara sengaja ataupun tidak sengaja dalam jumlah yang berlebihan. Gangguan jantung karena meningkatnya kolesterol jahat, Obesitas, stroke & gangguan orang vital lainnya. Tidak ada manfaat sama sekali. Dan susah untuk menyingkirkan lemak jenuh. Maka dari itu sebelum lemak jenuh berlebihan bersarang di tubuh kita lebih baik kita mengenal makanan apa saja yang mengandung lemak jenuh.

Makanan yang mengandung lemak jenuh / lemak jahat :
- minyak kelapa atau olahan yang diolah dengan minyak kelapa (digoreng)
- produk hewani seperti lemak hewan, susu berlemak
- makanan cepat saji, makanan ringan, kue, biskuit, mentega
Dan sebagainya. Banyak sekali makanan yang secara tidak sadar kita mengkonsumsinya secara berlebihan. Padahal makanan itu mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi.

"Bagaimana cara mengatasi jika lemak jenuh sudah bersarang di tubuh ?"


Setelah kita sadar bahwa apa yang kita makan tidak baik bagi tubuh pasti kita ingin memperbaikinya. Karena gaya hidup sehat yang benar membawa manfaat yang besar. Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak baik untuk mengurangi lemak jahat, olahraga adalah salahsatunya. Posting selanjutnya akan kita bahas olahraga apa yang bisa menghilangkan lemak.

Tetap sehat, Tetap semangat & Tetap termotivasi untuk mencapai tujuan terbaik. Hal kecil dapat membuat perubahan besar.

- Update 11 Januari 2017 -
+ penambahan kalimat +