Periksa Selidiki Analisis

search
Night Mode

Menjalankan Diet yang Baik dan Benar

Di masyarakat seringkali istilah Diet diartikan menurunkan berat badan. Padahal arti Diet sendiri adalah mengatur pola makan menjadi lebih sehat dengan mengatur kalori, jenis makanan & jam makan. Bukan mengurangi secara drastis atau tidak makan.

Kali ini mbah akan bahas sedikit mitos tentang Diet & mencoba meluruskannya.

Biasanya orang yang diet menghindari Karbohidrat. Padahal karbohidrat dibutuhkan tubuh untuk sumber energi. Kekurangan karbohidrat malah justru memperlambat metabolisme yang ujung-ujungnya niat menurunkan berat badan jadi terganggu. Untuk lebih detail bahasan tentang karbohidrat di posting sebelumnya . Lebih baik saat diet konsumsi karbohidrat kompleks & jikapun harus mengkonsumsi karbohidrat sederhana lebih baik atur jumlah, jenis & waktunya. Contoh sehabis olahraga kita bisa konsumsi buah atau saat makan nasi putih jumlahnya diatur sesuai kebutuhan.

Menghindari makanan yang berlemak. Tidak semua makanan yang berlemak itu buruk. Saat Diet tubuh tetap membutuhkan lemak, tapi konsumsi lemak baik / lemak tak jenuh. Bukan lemak jahat. Di posting sebelumnya mbah juga sudah menjelaskan tentang lemak. Lemak yang baik bisa mengurangi kadar kolesterol jahat, mengurangi resiko penyakit jantung, baik untuk persendian dll. Jauhi makanan yang digoreng dengan minyak panas, makanan cepat saji, makanan yang diolah terlalu panjang.

Makan malam membuat Gemuk. Tidak sepenuhnya benar makan malam membuat gemuk. Yang membuat gemuk itu jika makan malam dengan kalori yang sangat tinggi, berlemak & setelah itu langsung tidur. Makan malam yang baik itu lebih baik perhatikan apa yang dimakan, jumlah kalorinya & waktunya. Usahakan 2jam sebelum tidur agar makanan bisa diserap tubuh dengan maksimal & lebih baik mencukupi kebutuhan mikro nutrien. makan malam yang baik akan mengurangi rasa lapar saat malam hari.

Minum air es bikin Gemuk. Banyak sekali mitos ini bertebaran dikalangan masyarakat & walaupun sudah diluruskan tetap saja masih ada yang percaya. Air es itu tidak membuat gemuk karena air es bening itu 0 kalori. Bagaimana bisa 0 kalori menjadi lemak. Mungkin anggapan masyarakat karena air es mengeluarkan asap seperti gas & kalau diminum perut kita akan membesar seperti balon. Tapi jika air esnya itu ada sirup dan kawan-kawan seperti es teler, es dawet dll. Itu sangat mungkin membuat gemuk. Tapi jika air es bening tidak sama sekali benar malah sebaliknya sedikit membantu menurunkan berat badan. Tubuh akan mencoba meningkatkan suhu tubuh karena mendeteksi suhu yang rendah. Tapi jika terlalu dingin juga tidak baik.

Melewatkan Jam Makan. Tubuh kita mempunyai apa yang disebut dengan Jam tubuh. Yaitu waktu kapan metabolisme berlangsung & mengatur fungsi organ penting lainnya. Jadi jam tubuh itu sangat penting. Bagaimana kita harus mengatur makan, minum, olahraga & istirahat. Mitos yang berkembang dimasyarakat saat melakukan diet seperti melewatkan sarapan, menggabungkan jam makan seperti pagi & siang dijadikan satu itu adalah kebiasaan yang tidak baik. Saat sarapan tubuh akan mendapat energi baru untuk menunjang aktifitas agar lebih semangat yang pastinya kalori akan terpakai & lemak juga akan terpakai. jika kita sering melewatkan sarapan tubuh akan mengisyaratkan sebaliknya, makanan yang dikonsumsi akan disimpan & kalori yang keluar dibatasi karena tubuh menganggap tubuh dalam keadaan bertahan hidup / kekurangan.

Mungkin masih banyak lagi mitos-mitos tentang Diet yang masih banyak dipercaya dikalangan masyarakat. tambahkan mitos-mitos tentang diet yang cucu ketahui dikomentar & akan kita bahas bersama.


Kembali ke Judul, Bagaimana Menjalankan Diet yang Baik & Benar.

Banyak sekali metode-metode Diet saat ini seperti Diet mayo, ocd, atkins, ketosis dll. Dan apakah metode diet itu Baik & Benar? Mbah tidak bisa memastikan secara benar karena harus melakukan riset yang cukup panjang. Metode Diet tidak ada yang terbaik & sempurna. semua ada kelebihan & kekurangan. Tapi alangkah baiknya jika kita selalu mempertimbangkan resiko-resiko setelahnya. Metode Diet yang selalu memprioritaskan kesehatan adalah yang Baik & Benar. Seperti selalu memperhatikan :

- Sumber Makanan yang alami bukan Produk & sejenisnya.
- Selalu memenuhi kebutuhan Makro & Mikro nutrien
- Pengolahan yang tidak terlalu panjang & berlebihan
- Pantangan makanan yang tidak berlebihan
- Suplemen sebagai pendamping bukan yang Utama
- Olahraga & Istirahat cukup
- Waktu & Konsistensi

Dan yang paling penting tidak menyakitkan, tidak membuat bosan & tidak membuat kelaparan. Efek samping melakukan Diet yang keliru sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dikemudian hari. untuk itu lebih bijak dalam mengolah informasi atau melakukan riset terlebih dahulu dengan pihak yang berpengalaman seperti Dokter atau Ahli Gizi dsb. Karena tidak semua orang cocok dengan metode-metode Diet tertentu.


Tujuan melakukan Diet itu sendiri agar tubuh jadi lebih sehat. Tapi ada tujuan lain yang selalu menjadi tujuan utama yaitu menurunkan berat badan. Banyak sekali yang berhasil menurunkan Berat badan dengan drastis tapi hasilnya tidak sesuai harapan. Berat badan sudah ideal tapi tubuh jadi lebih kendur / lembek & tidak berbentuk. penumpukan lemak didaerah tertentu. itu terjadi karena Anda terlalu fokus pada berat badan bukan apa yang Anda makan. Komposisi tubuh jauh lebih penting dari Angka-angka ditimbangan Anda. Jadi penurunan berat badan belum tentu disertai dengan penurunan Lemak bisa jadi penurunan  kadar Air atau massa Otot. Dan tubuh jadi tidak stabil, berat badan naik jauh dari sebelumnya dikemudian hari. Jadi Utamakan memilih metode diet yang Baik & Benar agar terhindar dari resiko yang tidak diiginkan.

Lebih baik mempercayai diri sendiri daripada mempercayai apa kata orang yang tidak jelas sumbernya. Pahami selalu Informasi yang Anda dapatkan.

- Update 11 Januari 2017 -
+ perbaikan kata +
+ penambahan kalimat +