Periksa Selidiki Analisis

search
Night Mode

Olahraga yang Tepat untuk Anda

Dalam menjalankan Gaya Hidup Sehat selain mengatur pola makan, olahraga juga wajib dilakukan. Varian Olahraga yang tepat untuk Anda sangat banyak sekali. Tapi kita harus mengenal apa manfaat dari Olahraga yang kita lakukan, bukan hanya sekedar gerakan atau ikut-ikutan saja. Niat & Motivasi adalah yang utama dalam menjalankan Gaya Hidup Sehat sehingga semangat atau keinginan untuk tetap & rajin berolahraga terjaga.


Tujuan dari olahraga sendiri untuk menyempurnakan setelah apa yang kita konsumsi. Entah itu untuk menurunkan berat badan, menjaga berat badan atau menaikkan berat badan. Tapi yang pasti untuk kesehatan. Jika tujuan untuk menurunkan berat badan. Olaraga yang tepat adalah lebih banyak kardio (kardiovaskular) latihan ini bisasanya melatih otot jantung & beberapa otot lainnya. pembakaran lemak juga terjadi saat itu juga jadi tujuan untuk menurunkan berat badan bisa tercapai. Seperti lari, bersepeda, senam dll. Dengan durasi sedang hingga lama. Selain itu bisa dikombinasi dengan olahraga yang menggunakan beban / gerakkan untuk memaksimalkan pembakaran lemak. Seperti angkat beban atau senam berat (push up, pull up, burpee dll).

"Kenapa harus latihan angkat beban juga ? Kan tujuannya menurunkan berat badan"

Dalam menurunkan berat badan pasti tujuannya menghilangkan lemak yang ada di dalam tubuh. Latihan kardio memang sangat efektif dalam menghilangkan lemak, tapi terkadang kita tidak sengaja juga membakar otot. Padahal otot adalah mesin pembakar lemak tubuh kita. Klo mesin kita kecil hasil pembakaran juga kecil dan sebaliknya. Maka dari itu latihan beban adalah kombinasi yang baik, untuk tetap terjaga massa otot kita & memaksimalkan pembakaran (jika kardio membakar lemak saat itu juga, angkat beban bisa membakar lemak ± 36jam setelah latihan). tentunya dengan pola makan yang baik juga.

Jadwal juga penting untuk hasil lebih maksimal agar recovery atau pemulihan setelah latihan tidak mengganggu kesehatan. Biasanya setelah olahraga dengan baik & benar otot akan merasa tidak nyaman atau bahkan sakit (biasa menyebutnya pegel atau nyeri otot istilah kerennya DOMS : Delayed Onset Muscle Soreness). Itu adalah hal normal karena saat olahraga tujuan kita untuk merusak otot dalam ukuran mikro & diperbaiki agar lebih kuat.

Tidak semua orang mengalaminya juga, yang sudah terbiasa mungkin tidak akan merasakannya. Yang tidak normal adalah jika rasa tidak nyaman itu berlebihan & berlangsung sangat lama. Mungkin yang terjadi adalah Anda berlebihan saat olahraga (overtraining) karena ingin hasil yang lebih cepat / maksimal. Hal ini malah tidak baik bagi kesehatan & jika dilakukan terus menerus dalam jangka waktu yang lama cenderung merusak tubuh Anda.

"Jadi bagaimana memilih jadwal latihan yang baik & benar ?"


Pembatas kapan harus berhenti saat Latihan maksimal dengan Overtraining memang tipis. Indikator yang baik adalah tubuh Anda sendiri & yang tau juga Anda sendiri. Saat tubuh sudah menunjukkan kelelahan yang amat sangat lebih baik Anda berhenti dan beristirahat. Untuk pemula mungkin lebih diutamakan karena pemula tubuhnya tidak terlatih dan rasa tidak nyaman bisa berlebihan. Pemilihan jadwal yang baik adalah dalam seminggu baiknya olahraga 3-5x dan harus diberi jeda istirahat.

Contoh : minggu kardio, senin istirahat, selasa angkat beban, rabu kardio, kamis istirahat, jumat angkat beban, sabtu terserah anda mau istirahat atau latihan. Yang mbah contohkan dalam seminggu latihan kardio 2x dengan jumlah latihan 4x Anda bisa buat kardio 3x atau 1x juga boleh, terserah Anda.

Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu

"Bagaimana jika sudah terlanjur overtraining & cara mengatasinya ?"

Baiknya latihan berlebihan tidak berlangsung terus-menerus mungkin dalam 1 bulan cuma terjadi 1x bolehlah (itupun tidak sengaja). Yang bisa dilakukan ketika terjadi overtraining adalah istirahat. Istirahat lebih lama dari biasanya. Dikondisi normal istirahat 1-2hr, jika terjadi overtraining istirahat sampai otot tidak terasa nyeri 3-5hr mungkin bisa lebih. Untuk mempercepat pemulihan konsumsi makanan yang baik bagi tubuh agar metabolisme dapat maksimal sehingga pertumbuhan sel-sel baru dapat dengan cepat.


Setelah memilih olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan kita lanjut memilih olahraga yang tepat untuk mempertahankan berat badan & menaikkan berat badan dengan massa otot bukan lemak. Sebenarnya hampir sama saja dengan cara menurunkan berat badan hanya mengatur jadwal, durasi & kebutuhan kalori saja.

Jika dalam menurunkan berat badan lebih cenderung ke kardio. untuk menaikkan atau mempertahankan harus mengurangi kardio & lebih ke angkat beban / senam berat. Kardio dilakukan cukup 1x dalam seminggu untuk menjaga kadar lemak tubuh.

jadwalnya hampir sama hanya anda mainkan jeda istirahatnya saja. Durasi yang diperlukan antara singkat hingga sedang. Untuk durasi lama tidak dianjurkan karena saat angkat beban energi yang dikeluar sangat besar, jika terlalu lama bukannya otot tambah besar malah sebaliknya. Jenis latihannya juga harus bervariasi sehingga hasilnya seimbang seperti melatih Otot kaki, perut, dada, punggung, lengan, pundak dsb.

"Maksud durasi singkat, sedang & lama itu berapa lama ?"

Durasi yang dilakukan untuk pemula lebih baik menurut tubuh Anda sendiri tapi jika sudah terbiasa Anda bisa menargetkan (singkat = 30m-1jam, sedang = 1,5jam, lama = 2jam). Durasi yang baik untuk olahraga adalah 30menit - 2jam itu sudah dengan jeda istirahat. Ada pun latihan singkat kurang dari 30 menit ini cocok bagi yang terkendala waktu. Latihan dengan metode HIIT atau HICT. Metode ini biasa dilakukan dengan durasi 10-15 menit saja dengan intensitas tinggi. Mungkin metode ini akan dibahas dilain waktu.

"Manfaat apa yang didapat dari olahraga ?"

Banyak sekali manfaat yang didapat jika kita melakukan olahraga dengan rutin & benar.
- yang pasti lebih sehat
- tingkat stres menurun
- mudah melawan penyakit atau mempercepat penyembuhan
- menambah stamina
- bentuk badan jadi lebih berbentuk (atletis) atau lebih ideal
- lebih fokus, tenang & percaya diri
- awet muda
Banyak sekali manfaat lainnya mungkin Anda bisa tambahkan dikolom komentar, intinya membuat hidup anda lebih baik lagi.

Selain Jadwal olahraga yang baik, fokus pada gerakan juga tidak kalah pentingnya. Kualitas lebih baik daripada Kuantitas. Jumlah repetisi banyak tapi kualitas gerakan buruk hasilnya tidak akan maksimal. Untuk itu pemula lebih baik fokus pada Kualitas dahulu daripada Kuantitas.

Olahraga yang baik & benar harus tetap diimbangi dengan kebutuhan gizi yang cukup & pengaturan kalori yang benar untuk mendapatkan hasil yang dituju. Olahraga hanya bersifat menyempurnakan, menjaga & menstimulus.

Olahraga adalah hal yang menyenangkan jika kita menikmatinya. Tidak akan rugi meluangkan waktu sebentar saja untuk berolahraga karena keuntungan yang didapat sangat banyak.

- Update 01 Februari 2017 -
+ pembagian paragraf +
+ perbaikan kata +
+ penambahan kalimat +