Periksa Selidiki Analisis

search
Night Mode

Cara Menghitung Kalori dengan Mudah

Saat melakukan Diet pasti Anda sering mendengar istilah Kalori. tapi mungkin anda belum mengerti dengan jelas apa yang dimaksud dengan Kalori. Mbah akan Bahas sedikit tentang Kalori & cara menghitungnya, tentunya dengan cara yang mudah dimengerti. Kalori adalah satuan Energi untuk mengukur besar Energi yang terkandung di sumber Makanan seperti Karbohidrat, Protein, Lemak dll.

Saat diet pengaturan kalori sangat penting untuk meraih hasil yang dituju. entah itu untuk menurunkan berat badan, mempertahankan berat badan atau menaikkan berat badan. yang harus dilakukan saat menurunkan berat badan jumlah kalori harian harus defisit, sedangkan untuk menjaga tubuh / mempertahankan berat badan jumlah kalori harus seimbang & untuk menaikkan berat badan jumlah kalori harus melebihi kebutuhan normal.

Kalori Masuk < Kalori Keluar | Defisit
Kalori Masuk = Kalori Keluar | Seimbang
Kalori Masuk > Kalori Keluar | Surplus

Masih Bingung ?

Jadi saat kita makan kita menambah energi atau kalori masuk & saat aktifitas entah itu aktifitas biasa atau olahraga itu adalah kalori keluar. nah untuk menurunkan berat badan kalori harian harus kurang dari normal atau defisit dan seterusnya.
Contoh : Kalori harian Mbah 2170 kkal, saat Mbah mau menurunkan Berat badan Mbah Harus < 2170 kkal. Misal jadi 1736 kkal/perhari.


Bagaimana cara menghitungnya ?

Pertama-tama kenali dulu kebutuhan kalori Anda karena setiap orang berbeda. Ada banyak sekali rumus menghitung kebutuhan kalori tapi kali ini Mbah Bahas yang mudah saja.

Rumusnya adalah : Berat Badan (kg) x Nilai Aktifitas

Nilai Aktifitas dibagi menjadi 3 Pilihan. silahkan pilih salahsatu sesuai aktifitas Anda :

Untuk Perempuan
Aktifitas Ringan = 31
Aktifitas Sedang = 32
Aktifitas Berat = 33

Untuk Laki-laki
Aktifitas Ringan = 34
Aktifitas Sedang = 35
Aktifitas Berat = 36

Jadi Contohnya adalah : 62kg x 35 = 2170 kkal
keterangan = Berat badan Mbah 62kg, nilai aktifitas Mbah pilih sedang yaitu 35. Jadi kebutuhan kalori harian Mbah normalnya 2170 kkal

Setelah mengetahui kebutuhan kalori harian sekarang Mbah ajarkan cara menghitung berapa banyak kalori yang harus dikurangi untuk defisit. agar tidak terjadi kesalahan yang mengakibatkan malnutrisi atau stagnan, hitung menggunakan persentase (%).

Kenapa harus dengan % ?

Karena kebutuhan kalori setiap orang berbeda jika Mbah langsung tentukan target misal "harus kurangi 500 kkal" kasihan yang kebutuhan kalorinya kecil bisa-bisa terjadi malnutrisi & yang kebutuhan kalorinya besar tidak kunjung menuju target alias stagnan atau kurang maksimal. untuk itu menggunakan % lebih seimbang.

Nilai Defisit yang harus dikurangi, pilih salahsatu target Anda :

Defisit Kecil = harus kurangi 10%
Defisit Sedang = harus kurangi 20%
Defisit Besar = harus kurangi 30%

Lebih dari itu tidak dianjurkan karena bisa mengganggu kesehatan atau proses jadi tidak maksimal karena kurang terpenuhi kebutuhan gizinya. Nilai defisit mempengaruhi cepat lambatnya target yang dituju. Jika ingin lebih banyak pengurangannya / defisit kalori tambahkan dengan Olahraga. tapi bukan berarti semakin cepat semakin baik. semua tetap ada kelebihan & kekuranganya.

Jadi Rumusnya adalah : Kebutuhan Kalori x Nilai Defisit
Contoh : 2170 kkal x 20% = 434 kkal
keterangan = Kebutuhan Kalori harian Mbah tadi 2170 kkal x 20% Defisit sedang

434 adalah jumlah kalori yang harus Mbah kurangi untuk menurunkan berat badan. jadi 2170-434 = 1736 kkal yang dibutuhkan Mbah sehari-hari untuk defisit.

Semoga penjelasan Mbah mudah cucu pahami ya ^_^

Sekarang Mbah akan bagikan cara yang lebih mudah lagi.

Penasaran !!!

Sabar Mbah minum dulu................

~ ...................Mau dilanjutkan Lanjutkan


Yah di zaman yang yang modern ini semua sudah dimudahkan dengan teknologi & kita harus bisa memanfaatkannya. pasti sudah tau donk. yah dengan smartphone atau pc kita bisa lebih mudah menghitung kebutuhan kalori harian. ada banyak sekali pilihan dan kali ini Mbah bahas yang Mbah gunakan saja, tapi bukan berati yang lain jelek ya. karena Mbah memang biasa menggunakan ini. Aplikasi bernama "Fat Secret " aplikasi ini bisa untuk menghitung jumlah kebutuhan kalori, menghitung metabolisme basal, memilih makanan yang baik dengan mengetahui jumlah kalorinya dsb. mungkin jelasnya langsung di Download atau silahkan baca di deskripsi lengkapnya. Lain kali Mbah akan bahas cara menggunakan aplikasi tersebut.

Sedikit tambahan saja
Jumlah setiap gram makro nutrien seperti :
Karbohidrat = 4kkal
Protein = 4kkal
Lemak = 9kkal

Jadi jika Anda bertujuan mengurangi Lemak sebesar 1kg yang dikonversi jadi Kalori = sekitar 7000an kkal (mungkin Anda berpikir harusnya 9x1000=9000 kkal, Keterangan = 1000 adalah angka yang diambil dari 1kg Lemak yang diconversi menjadi gram) karena komposisi lemak terdiri dari air dll. jadi kita kurangi sedikit dengan perkiraan. jadi sekitar 7000 atau 7200 kkal.

Dan Perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan lemak itu adalah 7200 / 434 = 16.5 (Perkiraan dengan displin & perhitungan yang benar dalam 16 Hari Lemak tubuh akan berkurang sebesar 1kg)

Keterangan = Angka 7200 diambil dari hasil penghitungan 1kg Lemak yang diconversi menjadi satuan kalori & 434 Adalah angka yang diambil dari hasil penghitungan untuk mencari nilai Kalori Defisit seperti yang dijelaskan diatas.

Tepat tidaknya metode penghitungan tidak bisa menjadi patokan. yang terpenting adalah kita mengerti apa manfaat makanan yang kita makan & pengolahannya. karena reaksi tubuh setiap orang berbeda & dipengaruhi beberapa faktor lainnya. Cara diatas bisa cucu praktekkan dan lihat hasilnya. Hasil setiap individu pasti berbeda karena dipengaruhi faktor-faktor yang berbeda juga.

Jika hasil kurang memuaskan itu berati ada kesalahan yang harus diperbaiki entah itu di pemahaman yang kurang, kurang termotivasi atau kurang disiplin. Anda yang menentukan bukan orang lain & Anda yang merasakan bukan orang lain.


- Update 30 Januari 2017 -
+ perbaikan kata +
+ penambahan kalimat +