Periksa Selidiki Analisis

search
Night Mode

Mengatasi Masalah saat menjalankan Diet

Saat sedang menjalankan Diet pasti ada saja masalah yang timbul. Entah itu masalah serius atau masalah biasa. Mbah akan coba bahas satu per satu masalah yang sering dialami saat menjalankan diet.


Masih menjalankan kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk yang sering terjadi adalah tidak terkontrolnya makanan yang dikonsumsi. Dengan berbagai alasan entah itu lupa atau hanya sedikit ( sedikitnya berapa kalori? ). Kita harus bisa merubah pola pikir menjadi lebih baik lagi. Fokus terhadap target. Mungkin terdengar mudah, tapi memang harus begitu. Setelah terbiasa akan terasa mudah.

Salah satu contoh : Saat diluar rumah untuk mengontrol makanan memang susah karena banyak godaan dari lingkungan sekitar. Makanan cepat saji yang menggiurkan, ajakan / pemberian teman dll. Pasti sulit sekali untuk menolaknya.

Solusinya adalah saat dirumah (sebelum keluar rumah) kita harus konsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Rasa kenyang akan membantu mengalihkan perhatian terhadap makanan cepat saji di lingkungan. Tetap fokus pada target & selalu motivasi diri sendiri. Jangan bawa uang berlebihan supaya saat mata kita ingin membeli sesuatu tangan berbicara memegang dompet dan mata melihat kenyataannya kita tidak mampu membelinya.

Jangan pernah menolak pemberian teman. Lebih baik kita menerima pemberian itu dan simpan sampai dirumah atau berikan pada yang membutuhkan. Ajakan teman untuk makan ditempat yang dapat menggangu program anda lebih baik ditolak dengan cara halus. Seperti anda sudah membawa bekal sendiri dirumah atau ajak teman anda makan ditempat yang tidak menggangu program anda.


Setelah susah payah menurunkan berat badan beberapa hari kemudian berat badan naik dengan drastis. Masalah ini sering terjadi dan masyarakat sering menyebutnya dengan efek yo-yo/diet yoyo. Penyebab terjadinya masalah ini adalah karena metode yang anda lakukan salah. Biasanya ini terjadi pada pelaku diet ekstrim. Mengeliminasi makanan yang selalu dibutuhkan tubuh, defisit kalori yang berlebihan, malnutrisi dll.

Gambar disamarkan, klik jika anda ingin melihat Tampilkan

Komposisi tubuh itu jauh lebih penting jadi selalu perhatikan, bukan angka ditimbangan (Perhatikan Gambar diatas, angka timbangan yang lebih rendah tidak selalu menjadi patokan). Berat & volume lemak & otot itu berbeda. Lemak yang beratnya 1kg volumenya jauh lebih besar dari otot yang beratnya sama. Saat anda menjalankan diet ekstrim yang berkurang adalah lebih besar Air & otot daripada lemak. Kenapa? Karena anda tidak memperhatikan manfaat dari makanan anda. Tidak terpenuhi kebutuhan protein akan menggangu perkembangan sel-sel anda. Seperti Glikogen & sodium yang bersifat mengikat air akan berkurang. Yang artinya tubuh Anda kehilangan air. Otot mengecil, pasti berat badan turun donk tapi apakah lemak juga berkurang.



Jika kebiasaan makan anda buruk dipastikan lemak anda tidak berkurang. Jikapun berkurang pasti hanya sedikit. Dan setelah Anda meninggalkan diet, berat badan bertambah jauh melebihi sebelumnya karena massa otot anda kembali sepeti semula & lemak yang tadinya tidak berkurang jadi bertambah. Alhasil seperti yoyo turun - naik.


Stagnan/Plateau atau tidak ada perubahan. Masalah ini yang paling sering terjadi. Metode sudah benar tapi berat badan tidak mencapai target & akhirnya Anda menyerah. Saat anda merubah gaya hidup otomatis kinerja tubuh juga ikut berubah. Metabolisme akan menyesuaikan, nah itulah masalahnya. Metabolisme yang sudah menyesuaikan diri akan sulit untuk ditingkatkan lagi. tapi hal ini normal.

Yang bisa dilakukan jika mengalami ini adalah naik level. Lebih optimalkan metode anda seperti makan lebih bersih (eat clean), hitung kalori Anda lagi, olahraga lebih optimal & bervariasi. mengoptimalkan aktifitas seperti naik tangga daripada naik lift, jalan kaki daripada berkendara dll. Walaupun sulit memang itulah jalannya. Jadi jangan menyerah.

Masalah yang cukup serius adalah hormonal. Beberapa orang mungkin kesulitan saat menjalankan diet, mungkin ini terjadi karena masalah hormonal. Hormon yang seharusnya bekerja dengan normal tidak dengan beberapa orang. Menjalankan diet ekstrim selain menyusutkan otot juga akan menggangu hormon.  Dan akan menggangu sinyal-sinyal ke otak. Yang mengakibatkan nafsu makan tetap tinggi dan susah terkontrol.

Mungkin jika anda yakin masalah ini terjadi pada Anda lebih baik serahkan pada ahlinya dokter atau ahli gizi. Untuk mengetahui lebih lanjut & cara penanganannya.

Pola pikir yang salah atau negatif. Memiliki pola pikir yang salah amat sangat merugikan diri sendiri. Seperti tidak percaya diri untuk bisa menurunkan berat badan, berpikir karena faktor keturunan akan sulit, takut tidak bisa mencapai target dll. Biasanya orang yang memiliki pemikiran ini akan mencari cara instan. Entah itu sedot lemak, diet ekstrim dsb.

Belajarlah untuk mensyukuri suatu proses agar mental kita siap/terlatih untuk menjalankan diet dalam jangka panjang. Kuncinya adalah Motivasi ,Motivasi & Motivasi


Cheat day & reward. Setelah susah payah menjalani diet & target sudah tercapai terkadang fokus jadi buyar. Memanjakan tubuh dengan makanan yang kurang sehat, berlemak & tinggi kalori. Sebenarnya tidak masalah jika tidak berlebihan & sering. Yang menjadi masalah adalah pola pikir berubah seperti semula & tidak terkontrol makanan yang dikonsumsi. alhasil sia-sia diet yang dijalani dalam waktu yang tidak sebentar & rusak dalam waktu singkat. Jadi lebih baik Hadiahi Tubuh Anda dengan Hadiah yang tidak berlebihan.

Malas berolahraga adalah salah satu masalah yang sering dialami beberapa orang. Banyak orang melakukan diet tapi tidak mau berolahraga. Ini terjadi kemungkinan mental yang kurang siap & tubuh juga tidak siap. Semangat diawal selanjutnya malas-malasan. atau tidak memulai sama sekali.

Seperti yang sudah dijelaskan diposting sebelumnya tentang Olahraga . Memang ada beberapa sebab malas, jika malas karena badan sudah lelah karena olahraga kemarin mungkin tidak masalah. Tapi kalau malas yang lain mungkin harus diperbaiki. Malas biasanya terjadi pada orang yang tidak pernah atau jarang sekali berolahraga. Entah karena mempunyai pikiran yang salah atau alasan lainnya. Tapi cobalah untuk memulai. Memulai sesuatu yang kecil dan konsisten. Sedikit demi sedikit pemahaman & manfaat akan didapat dengan sendirinya.

Mungkin sekian bahasan tentang masalah-masalah yang sering terjadi saat menjalankan diet. Tulis komentar cucu jika mempunyai masalah tentang diet yang ingin cucu bagikan. Jangan lupa subscribe ya !

- Update 01 Februari 2017 -
+ perbaikan kata +
+ penambahan kalimat +