Periksa Selidiki Analisis

search
Night Mode

Perlukah Suplemen untuk Diet

Suplemen adalah tambahan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dan apakah kita memerlukannya disaat menjalani diet. Mbah kali ini akan membahas tentang suplemen dengan singkat & jelas.

Suplemen yang berarti tambahan nutrisi diperlukan tubuh dalam keadaan tertentu, Seperti saat sakit, kekurangan gizi tertentu dsb. Tapi apakah saat diet membutuhkan suplemen ? Jawabannya bisa ya bisa juga tidak.

Kenapa ?


Disaat kita menjalani Diet yaitu mengatur pola makan menjadi lebih baik. Secara tidak sadar kebutuhan nutrisi tubuh sudah terpenuhi. Dengan catatan makanan yang dikonsumsi seimbang. Sehingga suplemen tidak diperlukan lagi. Karena kebutuhan sudah terpenuhi.

Tapi terkadang saat menjalani diet dengan beberapa metode tertentu & mengeliminasi makanan tertentu. Kebutuhan tubuh kurang terpenuhi. Nah suplemen dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Suplemen bisa berupa vitamin, asam amino, kalsium dll. Faktor-faktor lain juga membutuhkan suplemen seperti saat sakit. Terkadang saat sakit dokter juga memberikan vitamin. Tujuannya bukan hanya untuk mempercepat penyembuhkan, tapi agar kebutuhan kita terpenuhi yang berefek antibodi kita lebih baik lagi melawan penyakit.


Kebutuhan suplemen juga harus sesuai dosisnya. Jika berlebihan juga tidak baik. Bukannya berefek baik malah sebaliknya. Maka dari itu kenali cara yang benar mengkonsumsi suplemen dengan mengetahui jenis, takaran & kebutuhan. Bukan asal minum atau mengikuti petunjuk yang benar tapi salah menerapkan.

Apa maksud dari salah menerapkan ?


Jika anda pernah membeli suplemen, apapun itu pasti ada cara pakainya. Jumlah takaran / dosis, komposisi, keterangan, manfaat dll. Yang tertulis di label bukannya tidak benar. Tapi penerapan si konsumen yang sering salah mengartikan. Seperti contoh : dilabel tertulis bermanfaat mencegah penyakit ini itu ! Tapi jika gaya hidup kita tidak dijaga ya percuma. Itu salah satu contohnya. Bukan salah suplemennya tapi konsumen yang tidak paham betul cara mengkonsumsi & tidak mendapat manfaatnya.

Dan di label terkadang tertulis cara mengkonsumsinya. Cara mengkonsumsi yang lebih baik adalah sesuai saran dokter / ahli. Dosis sesuai kebutuhan tidak berlebihan. Di masyarakat sering sekali mengkonsumsi suplemen secara berlebihan. Padahal kebutuhannya sudah terpenuhi. Selain tidak baik juga untuk kesehatan. Karena organ tertentu terbebani. Kantong juga ikut terbebani karena harga yang tidak murah. Bukannya bikin sehat malah sebaliknya.

Produsen suplemen hanya menyarankan memenuhi kebutuhan sesuai yang tertulis dilabel. Tapi terkadang itu disalah artikan. Harus mengkonsumsi sesuai label. Yah bahasa terkadang menjadi kendala. Untuk itu tetap dibutuhkan pemahaman yang lebih.

Bagaimana jika konsumsi dosis sesuai yang tertera di label ?


Bagus donk bisa memenuhi kebutuhan sesuai yang disarankan. Tapi apakah yang anda konsumsi hanya suplemen saja ? Bagaimana dengan makanan pokok lainnya. Kembali ke pengertian suplemen. Suplemen hanya tambahan yang jika diperlukan saja. Bukan pengganti makanan pokok.

Makanan pokok tetap menjadi yang utama. Nah jika merasa kebutuhan kita kurang. Tambahkan dengan mengkonsumsi suplemen. Jadi kebutuhan tetap terpenuhi. Selain mendapat manfaatnya. Kantong juga tidak terbebani mahalnya harga suplemen berkualitas.

Semuanya kembali kepada diri sendiri. Bukannya menjelekkan suatu produk Suplemen tapi lebih mengedukasi cara memanfaatkan suplemen yang baik. Dengan pemahaman yang baik si pelaku diet akan bertahan dalam jangka lama menjalani dietnya. Yang berarti kesempatan produk untuk terjual juga tetap ada. Berbeda jika si pelaku diet bosan karena konsumsi suplemen yang berlebihan dan akhirnya malas untuk membeli lagi karena beberapa faktor.

Makanan pokok kita sebenarnya mengandung semua yang dibutuhkan tubuh. Harga yang lebih murah, kaya rasa & pengolahan yang beraneka ragam. Terkadang kita sulit / malas memanfaatkan itu semua & lebih memilih yang lebih praktis. Mungkin karena kondisi atau faktor tertentu. Tapi setelah sedikit memahami mungkin sedikit demi sedikit pola pikir anda akan berubah dan lebih memilih kembali ke alam dengan memanfaatkan produk hewani maupun tumbuhan segar.

Terpenuhinya kebutuhan tubuh adalah salah satu investasi yang sangat menguntungkan dikemudian hari.