Periksa Selidiki Analisis

search
Night Mode

Tetap Fit saat Berpuasa

Di bulan Ramadhan beribadah puasa  wajib hukumnya bagi kaum Muslim. Bukan hanya sekedar menahan lapar & haus, tapi hati & pikiran juga harus disucikan dengan menahan hawa nafsu & meningkatkan ibadah.

Tapi kali ini mbah akan membahas cara menjaga kesehatan fisik saat berpuasa. Tubuh fit saat berpuasa pasti akan membuat ibadah jadi lebih fokus. Dengan cara mengatur pola makan, olahraga & istirahat yang cukup.

Yang sering terjadi dimasyarakat sekarang ini jauh dari kata sehat.

Kenapa?


Dihari-hari biasa makan 3x sehari dengan porsi cukup sampai lebih, sedangkan Di bulan Ramadhan yang seharusnya makan 2x sehari seharusnya menjadi lebih baik.. tapi yang terjadi jumlah kalorinya malah berlebihan dari hari-hari biasa. Ini adalah kebiasaan yang perlu di rubah. Yang dibutuhkan bukan hanya sekedar kenyang, tapi seharusnya tercukupi nutrisi kebutuhan tubuh... Itu yang benar.


Contoh menu yang dianjurkan saat berbuka puasa adalah berbukalah dengan sesuatu yang manis & hangat. seperti teh ,kolak hangat, kurma dll. Gula akan menambah energi yang sudah terpakai saat aktifitas sehingga aktifitas selanjutnya kita tetap fit. Minuman hangat akan membuat tubuh menjadi rileks. Setelah itu silahkan makan makanan ringan dan seterusnya.

Tentunya harus dengan jumlah kalori yang tidak berlebihan. Hitung seperti biasa saat tidak berpuasa. Kalori yang berlebihan tetap akan membuat timbunan lemak jika aktifitas kurang meskipun sedang berpuasa.

Saat sahur makanlah makanan yang dibutuhkan untuk menunjang aktifitas, agar tidak lemas/lesu. Konsumsi makanan yang mengandung Karbohidrat kompleks lebih baik daripada karbohidrat sederhana, karena lebih tahan lapar & energi yang didapat bertahap. Tinggi serat, cukup protein & rendah lemak juga harus terpenuhi.

Usahakan minumlah air putih yang banyak / sesuai kebutuhan. Teh, kopi atau minuman manis, bersoda dll. Yang sekiranya tidak baik sebaiknya dihindari saat sahur. Seperti Teh yang bersifat diurektika Atau berefek sering buang air kecil. Jika kadar air didalam tubuh berkurang pasti otak akan merespon bahwa kita haus & ingin minum, tentunya akan mengganggu fokus ibadah karena tubuh jadi kurang fit.  Itulah mengapa air putih bening lebih baik.

Bagaimana olahraga di bulan Ramadhan?


Tidak ada alasan untuk tidak berolahraga saat bulan Ramadhan. Olahraga tetap bisa dilakukan tapi dengan mengurangi intensitasnya. Olahraga bisa membuat tubuh jadi lebih fit meskipun sedang berpuasa. Sebaiknya lakukan menjelang atau setelah berbuka puasa, ingat dengan intensitas rendah. Intensitas tinggi akan meningkatkan resiko cidera karena tubuh dalam keadaan kekurangan.


Waktu yang terbaik hanya itu menurut mbah... Saat sahur atau setelah sahur tidak dianjurkan karena akan menguras energi sehingga mengganggu aktifitas & ibadah puasa.

Dengan menjalankan itu semua ditambah istirahat cukup, kondisi tubuh disaat berpuasa akan tetap fit. Dan dapat menjalan ibadah puasa di bulan Ramadhan menjadi lebih baik.

Selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H. Tetap Sehat & Tetap Semangat